Oleh : Wurry Parluten
Pada hakikatnya, poster film adalah daya tarik pertama saat kita ingin menonton. Poster film itulah yang membangkitkan rasa penasaran kita, sehingga kita berminat untuk membeli tiket bioskop. Yang sering menjadi pertanyaan adalah, bagaimana membuat poster agar bisa memikat banyak penonton? Di sinilah kita jadi tahu, pentingnya peranan sebuah poster.
Secara tidak sengaja saya bertemu dengan sebuah info yang membahas tentang Lomba Poster Remake Film. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa cari tahu pada link di bawah ini...
Klik
Kali ini saya tidak ingin membahas masalah lomba remake poster, tapi yang mau saya bahas adalah cara mencari ide dalam membuat poster. Ya, hitung-hitung berbagi. Mungkin dari tulisan saya ini kalian yang mau ikut lomba punya inspirasi dalam membuat poster film.
1) Perhatikan Poster Film Box Office
Di Indonesia, yang namanya film box office adalah film dengan jumlah penonton terbanyak. Yang menarik untuk dibahas adalah, bagaimana membuat remake poster yang berasal dari film-film laris Indonesia? Misalkan “Habibie-Ainun”, kalau di-remake bagaimana jadinya, ya? Atau “5 cm”? Atau bahkan yang rada unik “Tali Pocong Perawan”, yang khabarnya mirip dengan poster film asing. Kalau tidak mau berpatokan dengan film Indonesia, coba film-film Hollywood yang kalian suka. Atau film apapun-lah. Intinya, buat poster dari film-film laris sambil belajar, apakah ada hubungan antara film terlaris dengan posternya?
2) Perhatikan Poster-Poster Film Bersejarah
Ini unik lagi. Di Indonesia suka ada film-film zaman dulu yang posternya unik-unik. Semisal “Ateng Minta Kawin”, lalu ada poster “Kabut Sutra Ungu”, dsb. Bahkan film-film yang mungkin tidak masuk hitungan bagus bisa dijadikan inspirasi. Bisa jadi film itu dulu kurang bagus, tapi sekarang malah bagus. Tidak ada yang tidak mungkin, kan? Atau kalau mau, coba lihat poster-poster film dari sejarah perfilman dunia. Seperti film garapannya Truffaut, Godard, Satyajit Ray, dsb. Tokoh-tokoh sejarah perfilman dunia yang posternya suka nggak kebayang sama sekali, lho.
3) Perhatikan Poster Iklan
Kita suka melihat poster iklan ada yang unik-unik, kan? Mulai dari billboard yang canggih, sampai billboard kelas kampung juga ada. Ada juga iklan di tiang listrik yang berbunyi “Sedot WC”, “Pasang Antenna”, “Sewa Badut”, dsb. Ini juga bagian dari perkembangan poster iklan.
4) Perhatikan Social Media
Kalau ngaku anak sekarang, pasti harus kenal social media dong. Di facebook, di twitter, linkedlin, dsb... Gampangnya, coba bandingkan antara film “Social Network” sama tampilan facebook. Secara design tidak jauh-jauh beda, kan? Uniknya judul social network di opening film, benar-benar facebook banget.
5) Perhatikan Sesuatu Yang Dekat Dengan Kamu
Kalau ingin lebih punya karakter lagi, coba cara ini deh. Biasanya bikin poster dengan gaya ini pasti unik. Karena ini kita banget, beda dengan yang lain. Seperti apa kita? Ya, hanya kita sendiri-lah yang tahu.
Masih banyak cara lain, tapi sejauh ini saya hanya bisa berbagi 5 cara di atas. Sisanya, coba kalian cari sendiri. Yang terpenting dari lomba ini adalah, untuk menciptakan #GerakanFilmIndonesia. Yang secara tidak langsung selaras dengan program saya #1001TiketFilmIndonesia.
Untuk keterangan lebih lanjut bisa ke @ApresiasiFilmID.
Link
1) 97 Grup Facebook Tentang Film dan Televisi Indonesia
2) #KamisKeBioskop #3oktober2013 #HatiKeHati #AirMataTerakhirBunda
3) Hati ke Hati
4) Air Mata Terakhir Bunda
Comments
Post a Comment