Ini obrol-obrol di grup facebook DSLRCinematography Indonesia, pembahasan dimulai dari brother Blend Rock (sutradara gue), yang
memulai pancingan seperti ini...
Guys mau nanya nih ini sebenernya masuk bagian legal
dan ranah hukum juga di Cinematography mungkin ada yang bisa bantu jawab, kalo
bikin dokumentasi sudah pasti kita serahkan semua file mentahnya ke pihak Klien
tapi apabila bikin Video atau Film Company Profile semua file mentahnya apabila
di minta bolehkah kita serahkan ke pihak Klien ? Maturnuwon
Terus gue pun nanya
begini...
FILE MENTAH itu sepatutnya punya kita (moviemakers /
movers) atau milik PRODUSER?
Dari dua pertanyaan di atas, gue punya kesimpulan
bahwa ini ada hubungan antara Dokumentasi dan Company Profile. Lalu arah
pembicaraan tertuju ke masalah kontrak kerja. Yang bikin jengah gue dari zaman
dulu sampe sekarang adalah, kontrak kerja untuk bidang kreatif itu cenderung memposisikan
kita sebagai manusia yang dengan mudah bisa dibeli. Sama aja kayak Bos (apapun
jabatannya) membeli isi otak kita. Ini kan gak asyik banget sih kalo menurut
gue. Kesannya gak memanusiakan manusia. Padahal kan, kita sama-sama cari makan.
Dan artinya, dia manusia, kita manusia. Sesama manusia mustinya saling
menghargai, dong.
Maka Om Benny pun menjadi
penengah di sini. Om Benny menjelaskan dengan lebih bijak (ala Judge Bao-lah
kira-kira)...
Saya mah kasih aja oom.... kan mereka juga punya hak
untuk itu. Sekalian buat back up juga. Punya pengalaman, file nggak di kasih ke
client, file yg di saya rusak gara2 HD jebol... di next job mereka mau pake....
langsung panik.... Kalo mereka mau pake lagi file itu untuk job lain, itu
terserah mereka.... Tapi kita juga boleh pake file yg nggak di pake untuk
kerjaan lain kalo bisa terpakai mah.....
Maka muncullah The Landscaper yang
mengeluarkan link tentang UndangUndang Hak Cipta. Hadeh! Kalo ujung-ujungnya ke sini sih, liat jobdesk dulu
deh. Kalo kapasitas gue bicara ini cuman sebagai Penonton Film Indonesia (PFI,
beda-beda tipis sama FPI), mending gue mundur. Tapi kalo jobdesk gue jelas,
baru enak ngemengnya, Ncoy. Capek ngemeng hak cipta tapi perut laper. Maka gue setuju
sama saran Om Benny...
Iya oom Wurry.... toh kadang files itu cuman menuh2in
HD kita aja koq. Nggak bisa di pake sama job lain juga. Kalo saya sih kasih
aja, nggak usah pake biaya tambahan segala. Sekalian itung2 memperpanjang tali
bisnis. Kalo client kita liat kita nggak sedikit2 duit, Insyaallah kalo emang
rejeki kita adanya dari dia, next project dia akan ngajak kita lagi. Kalo nggak
ya artinya kita musti berdiri di depan kaca, liat apa salah kita, introspeksi
diri kita.... Jangan trus nyalah2in dan buruk sangka sama orang lain. Kalo kita
ngerasa bener, ya udah, artinya rejeki kita bukan dari client yg itu. Nanti
akan ada gantinya yg lebih besar lagi........
Gue pun nyambung begini...
UU itu menarik. Tapi akan memakan waktu jika kita
membahasnya. Cukup tau aja dasarnya dimana, itu pun faedahnya nggak banyak.
Kecuali... Kalo kita adalah staf ahli DPR, atau kita anggota Dewan, dsb.
Terus kalo udah terlibat kontrak, kita bisa melakukan
pendekatan kekeluargaan. Nanti kontrak awal kita itu bisa diubah, kalo gak
salah namanya ADENDUM. Coba cek lagi deh! Yang penting jangan negatif thinking
ke klien kita.
Berfikirnya begini... Udahlah, kita sama2 nyari makan
kok, Bos.
Terus Om Benny membahas tentang Getty Image...
Oom Blend Rock, makanya deal awal itu sangat penting.
Kalo nggak ada deal di awal, artinya kita pasrah aja. Kecuali kalo si client
tau kalo misalnya musik itu ada copyright dan ada waktunya. Soalnya, kalo
misalnya nih ada job compro atau iklan. Itu artinya client udah membeli putus
apa yg di kasih ke dia. Barang jadi. Di luar itu adalah milik PH, Director,
DOP. Kaya yg saya cerita kemarin itu, ada director DOP dr Amerika yg udah lama
tinggal di sini. Dia kalo shoot ke luar kota, recee nya dia itu selalu bawa
camera full set dan camera crew. Dia banyak ngerjain iklan2 djarum dulu. Nah
waktu cek lokasi, dia shoot semua pemandangan..... Siapa yg bayarin dia jalan,
nyiapin film (jaman masih pake 35mm), bayar crew, bayar akomodasi dll? PH kan.
PH dapet duit dari mana? Client kan. Nah hasil dari footage itu dia jual lagi
ke getty images.... dia dapet duit dr situ. Kalo PH mau pake gambar2nya dia,
silahkan.... Saya juga sering dulu beli footage dari iklan2 yg pernah di shoot
koq.... Boleh2 aja dasarnya sih oom Blend....
Maka pembahasan ini ditutup oleh Om Blend dengan
wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarokaatu...
Sadar hukum itu perlu apalagi kebanyakan pekerja seni
yang notabene masa bodo atau masih merem mengenai hak cipta. Sharing boleh ya
teman teman, Di Industri Musik ada 2 Hak yang menempel sama Pencipta yaitu Performing Right dan Mechanical Right kalo udah mempelajari
nya bakalan mikir 2 kali apabila menyerahkan Footage Mentah kita, kalo di
Industri Film masih terlalu banyak abu abu nya, terus terang saya baru aktiv di
industi film dan video ini baru 3 tahun ini sebelumnya cuma on of aja , jadinya
masih newbie utk Legal dan managemnent Industri Film dan Video dan saya semngat
utk belajar terus nih. okey guys ayok semngat belajar dan saling sharing. kapan
nih DCI adakan ghatering bersama atau ketemuan lagi kabar kabarin ya. Keep
Rolling !
Kesimpulan di sini adalah sebuah pertanyaan kalo
menurut gue, sih. Pertanyaannya sederhanaaa bangets. Pertanyaan yang hanya akan
ditanyakan oleh mereka yang peduli dengan hak atas kekayaan intelektual. Pertanyaan
yang jelas-jelas bicara tentang memanusiakan manusia. Pertanyaan yang mengarah
kepada, kualitas SDM Indonesia itu adalah penggerak Produk Domestik Bruto (PDB)
negara. Jadi kalo negara ini mau hebat, perhatikan SDM-nya, dong! Perhatikan
kekayaan intelektual yang mereka miliki. Maka pertanyaannya adalah...
Ada pinjeman duit gak, nih?
Comments
Post a Comment