File Mentah Milik Siapa?

http://bit.ly/1f2dbHh

Ini obrol-obrol di grup facebook DSLRCinematography Indonesia, pembahasan dimulai dari brother Blend Rock (sutradara gue), yang memulai pancingan seperti ini...

Guys mau nanya nih ini sebenernya masuk bagian legal dan ranah hukum juga di Cinematography mungkin ada yang bisa bantu jawab, kalo bikin dokumentasi sudah pasti kita serahkan semua file mentahnya ke pihak Klien tapi apabila bikin Video atau Film Company Profile semua file mentahnya apabila di minta bolehkah kita serahkan ke pihak Klien ? Maturnuwon

Terus gue pun nanya begini...

FILE MENTAH itu sepatutnya punya kita (moviemakers / movers) atau milik PRODUSER?

Dari dua pertanyaan di atas, gue punya kesimpulan bahwa ini ada hubungan antara Dokumentasi dan Company Profile. Lalu arah pembicaraan tertuju ke masalah kontrak kerja. Yang bikin jengah gue dari zaman dulu sampe sekarang adalah, kontrak kerja untuk bidang kreatif itu cenderung memposisikan kita sebagai manusia yang dengan mudah bisa dibeli. Sama aja kayak Bos (apapun jabatannya) membeli isi otak kita. Ini kan gak asyik banget sih kalo menurut gue. Kesannya gak memanusiakan manusia. Padahal kan, kita sama-sama cari makan. Dan artinya, dia manusia, kita manusia. Sesama manusia mustinya saling menghargai, dong.

Maka Om Benny pun menjadi penengah di sini. Om Benny menjelaskan dengan lebih bijak (ala Judge Bao-lah kira-kira)...

Saya mah kasih aja oom.... kan mereka juga punya hak untuk itu. Sekalian buat back up juga. Punya pengalaman, file nggak di kasih ke client, file yg di saya rusak gara2 HD jebol... di next job mereka mau pake.... langsung panik.... Kalo mereka mau pake lagi file itu untuk job lain, itu terserah mereka.... Tapi kita juga boleh pake file yg nggak di pake untuk kerjaan lain kalo bisa terpakai mah.....

Maka muncullah The Landscaper yang mengeluarkan link tentang UndangUndang Hak Cipta. Hadeh! Kalo ujung-ujungnya ke sini sih, liat jobdesk dulu deh. Kalo kapasitas gue bicara ini cuman sebagai Penonton Film Indonesia (PFI, beda-beda tipis sama FPI), mending gue mundur. Tapi kalo jobdesk gue jelas, baru enak ngemengnya, Ncoy. Capek ngemeng hak cipta tapi perut laper. Maka gue setuju sama saran Om Benny...

Iya oom Wurry.... toh kadang files itu cuman menuh2in HD kita aja koq. Nggak bisa di pake sama job lain juga. Kalo saya sih kasih aja, nggak usah pake biaya tambahan segala. Sekalian itung2 memperpanjang tali bisnis. Kalo client kita liat kita nggak sedikit2 duit, Insyaallah kalo emang rejeki kita adanya dari dia, next project dia akan ngajak kita lagi. Kalo nggak ya artinya kita musti berdiri di depan kaca, liat apa salah kita, introspeksi diri kita.... Jangan trus nyalah2in dan buruk sangka sama orang lain. Kalo kita ngerasa bener, ya udah, artinya rejeki kita bukan dari client yg itu. Nanti akan ada gantinya yg lebih besar lagi........

Gue pun nyambung begini...

UU itu menarik. Tapi akan memakan waktu jika kita membahasnya. Cukup tau aja dasarnya dimana, itu pun faedahnya nggak banyak. Kecuali... Kalo kita adalah staf ahli DPR, atau kita anggota Dewan, dsb.

Terus kalo udah terlibat kontrak, kita bisa melakukan pendekatan kekeluargaan. Nanti kontrak awal kita itu bisa diubah, kalo gak salah namanya ADENDUM. Coba cek lagi deh! Yang penting jangan negatif thinking ke klien kita.

Berfikirnya begini... Udahlah, kita sama2 nyari makan kok, Bos.

Terus Om Benny membahas tentang Getty Image...

Oom Blend Rock, makanya deal awal itu sangat penting. Kalo nggak ada deal di awal, artinya kita pasrah aja. Kecuali kalo si client tau kalo misalnya musik itu ada copyright dan ada waktunya. Soalnya, kalo misalnya nih ada job compro atau iklan. Itu artinya client udah membeli putus apa yg di kasih ke dia. Barang jadi. Di luar itu adalah milik PH, Director, DOP. Kaya yg saya cerita kemarin itu, ada director DOP dr Amerika yg udah lama tinggal di sini. Dia kalo shoot ke luar kota, recee nya dia itu selalu bawa camera full set dan camera crew. Dia banyak ngerjain iklan2 djarum dulu. Nah waktu cek lokasi, dia shoot semua pemandangan..... Siapa yg bayarin dia jalan, nyiapin film (jaman masih pake 35mm), bayar crew, bayar akomodasi dll? PH kan. PH dapet duit dari mana? Client kan. Nah hasil dari footage itu dia jual lagi ke getty images.... dia dapet duit dr situ. Kalo PH mau pake gambar2nya dia, silahkan.... Saya juga sering dulu beli footage dari iklan2 yg pernah di shoot koq.... Boleh2 aja dasarnya sih oom Blend....

Maka pembahasan ini ditutup oleh Om Blend dengan wabillahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum warrohmatullohi wabarokaatu...

Sadar hukum itu perlu apalagi kebanyakan pekerja seni yang notabene masa bodo atau masih merem mengenai hak cipta. Sharing boleh ya teman teman, Di Industri Musik ada 2 Hak yang menempel sama Pencipta yaitu Performing Right dan Mechanical Right kalo udah mempelajari nya bakalan mikir 2 kali apabila menyerahkan Footage Mentah kita, kalo di Industri Film masih terlalu banyak abu abu nya, terus terang saya baru aktiv di industi film dan video ini baru 3 tahun ini sebelumnya cuma on of aja , jadinya masih newbie utk Legal dan managemnent Industri Film dan Video dan saya semngat utk belajar terus nih. okey guys ayok semngat belajar dan saling sharing. kapan nih DCI adakan ghatering bersama atau ketemuan lagi kabar kabarin ya. Keep Rolling !

Kesimpulan di sini adalah sebuah pertanyaan kalo menurut gue, sih. Pertanyaannya sederhanaaa bangets. Pertanyaan yang hanya akan ditanyakan oleh mereka yang peduli dengan hak atas kekayaan intelektual. Pertanyaan yang jelas-jelas bicara tentang memanusiakan manusia. Pertanyaan yang mengarah kepada, kualitas SDM Indonesia itu adalah penggerak Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Jadi kalo negara ini mau hebat, perhatikan SDM-nya, dong! Perhatikan kekayaan intelektual yang mereka miliki. Maka pertanyaannya adalah...

Ada pinjeman duit gak, nih?


Comments